Fenomena Iklan,Ketika si Cantik ber-Evolusi.


iklanxl02Perang iklan di TV akhir-akhir ini pantas di acungi jempol.Bagaimana tidak,coba kita lihat iklan salah satu operator celuler,XL misalnya,bagaimana seorang bintang iklan cantik berubah menjadi simpanse.Menurut saya ini kreatifitas, menunjukan bahwa pembuat iklannya sangat kreatif.Ketika melihat iklan ini di TV,saya malah senyum-senyum sendiri.Iklan ini lucu..pembuatnya berhasil membuat kesan bahwa,simpanse yang (maaf) bodoh aja pake XL,bagaimana dengan manusia?..

Artinya,sipembuat iklan berusaha meyakinkan pelanggan atau calon pelanggan,bahwa XL itu emang murah dan sopasti nyambung dan hal ini tidak perlu dipertanyakan lagi,tuh monyet aja tahu..(perkara betul apa tidak,itu sih urusan operator yang bersangkutan ya ga hehe).Jadi iklan ini “menurut saya” tidak mendiskreditkan pelangannya,tetapi justru mengingatkan kepada kita bahwa simpanse dalam iklan ini memberi kesan lucu atau unik dan menghibur,dan juga simpanse (binatang) yang harus dilindungi.

Tetapi juga tidak menutup kemungkinan pelanggan yang lagi bad mood,justru melihat iklan ini langsung mengeryitkan dahinya dan protes “kok saya disama’in dengan simpanse sih..” disini iklan ini menjadi kontroversi.Kalau di dunia maya yang kontroversi ini justru menjadi laku alias mendatangkan banyak traffic,tetapi kalau di koran atau di TV ini kemungkinan bisa berakibat sebaliknya.

Apalagi kalau iklan ini disebarkan melalui sms,nah hal inilah yang akan terjadi:
“Saya tadi liat iklan kuis sms “monyet” XL di TV. Sumpah, sebagai pelanggan saya jengkel banget. Masak kita disuruh kirim sms: ketik monyet spasi nama. Kalau saya ketik nama saya, kan berarti saya monyet dong. Mending kirim sms dengan nama-nama orang2 XL itu……” Komentar ini saya kutip dari Vlisa.com

Kalau menurut Mrs Vlisa “Icon sebuah produk, sejatinya merupakan salah satu bentuk personifikasi  penggunanya. Mungkin  bukan saja karena cantiknya, atau ngetopnya, tapi bisa juga gayanya.Dimana pengguna akan mengindentikkan dirinya dengan icon tersebut”.

Kalau bersandar pada pemikiran Vlisa ini,justru iklan XL ini menjadi bomerang.Bagaimana tidak,ketika pelanggannya mengidentikkan dirinya dengan sosok artis Luna Maya misalnya,trus kemudian tiba-tiba xlharus berubah menjadi simpanse.Duh gak kebayang deh..bagaimana tanggapan pelanggan yang masih ABG yang tinggal diperkotaan misalnya,kalau pelanggan yang sudah dewasa sih mungkin dia cuek-cuek aja..EGP..hehe

Dan lagian kasian kan?..bagaimana mungkin artis cantik seperti LM harus berevolusi menjadi monyet?..masih mending kan.. kalau seperti teori evolusinya Darwin..bahwa monyet berevolusi menjadi manusia.

Tulisan ini tadinya untuk komentar di blognya Mrs Vlisa tapi kepanjangan.. ya jadinya saya upload disini aja,dan berharap  semoga bisa mengangkat ratingnya XL dan LM tentu saja :)  or back to home?..

Jakarta,08 November 2008.

Tag: , , ,

2 Tanggapan to “Fenomena Iklan,Ketika si Cantik ber-Evolusi.”

  1. lintasmarketing Says:

    Artikel-artikel di blog ini bagus-bagus. Coba lebih dipopulerkan lagi di Lintasberita.com akan lebih berguna buat pembaca di seluruh tanah air. Dan kami juga telah memiliki plugin untuk WordPress dengan installasi mudah.
    Kami berharap bisa meningkatkan kerjasama dengan memasangkan WIDGET Lintas Berita di website Anda sehingga akan lebih mudah mempopulerkan artikel Anda untuk seluruh pembaca di seluruh nusantara dan menambah incoming traffic di website Anda. Salam!

  2. vlisa Says:

    Oke juga komen yang layak jadi bahasan tersendiri…acungan jempol….keep writing ya…
    ——
    Makasih Mbak Ve..senang sekali sudah didatangin maestronya marketing..succes for you.

Komentar ditutup.


%d blogger menyukai ini: