“Ocean and Climate Change”.


north-sulawesi-fileMANADO yang menjadi tuan rumah pelaksanaan World Ocean Conference (WOC) 2009 harus betul-betul menyiapkan segala hal. Hal ini disebabkan karena event yang diseleggarakan bukanlah, event biasa. WOC merupakan pertemuan tingkat tinggi seluruh kepala pemerintahan negara-negara maritim dunia atau negara yang memiliki laut baik itu Negara Maju maupun Negara Berkembang.

Event ini rencananya akan digelar 11-15 Mei 2009 dan akan dihadiri oleh sedikitnya 8-10 kepala negara/pemerintahan, dengan 1000 peserta dari 111 negara yang memiliki laut.

Tema konferensi international ini adalah “Ocean and Climate Change” yang tujuan pembahasannya yaitu ingin mengangkat keberadaan laut dalam peran dan fungsi strategisnya terhadap perubahan iklim global, membahas pengelolaan kelautan, perikanan dan keanekaragaman hayati, yang berkelanjutan secara lintas sektoral. Sasaran yang hendak dicapai dari pertemuan tersebut adalah komitmen international dalam pembangunan berkelanjutan yang berbasis sumberdaya kelautan untuk kesejahteraan seluruh manusia yang akan dituangkan dalam ”Deklarasi Manado”. Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar sudah seharusnya memprakasai konferensi tentang laut. Sumber,Manado Pos.

Taman Nasional Bunaken merupakan salah satu objek wisata andalan daerah nyiur melambai ini.Taman Nasional Bunaken merupakan perwakilan ekosistem perairan tropis Indonesia yang terdiri dari ekosistem hutan bakau, padang lamun, terumbu karang, dan ekosistem daratan/pesisir. Sekelumit tentang Taman Nasional Bunaken bisa dibaca disini.

@ “Ocean and Climate Change”.

Tag: , , , , , , , ,


%d blogger menyukai ini: