Facebook dalam sorotan.


Facebook sarana Jejaring Sosial.

Facebook sarana Jejaring Sosial.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kalimantan Selatan (Kalsel) Prof H Asywadie Syukur Lc berpendapat, keberadaan Facebook (salah satu sarana komunikasi lewat dunia maya) bisa haram dan tidak.

“Kita tidak bisa memfatwakan Facebook itu haram atau sebaliknya, kecuali melihat kontekstualnya,” kata alumnus Universitas Al Azhar Kairo Mesir itu.Β  (Sumber Kompas.com 24 Mei 2009).

Saya “pribadi” lebih setuju dengan pernyataan ini, lagi pula facebook hanya salah satu media (on line) di internet yang sering digunakan dalam jejaring sosial saat ini. Kita tahu selain facebook, masih banyak lagi media lain di internet seperti friendster,YM,blog,website dsb yang sering digunakan untuk sharing (Silaturahim) di internet.

Kalau facebook di haramkan trus bagaimana dengan media lain?..toh kesalahan penggunaan tidak hanya di facebook. Facebook sebetulnya hanya menang trend saja, tetapi sebetulnya banyak media atau fasilitas lain yang justru lebih berbahaya.

Usaha mengharamkan facebook justru hanya akan membuatnya semakin populer, karena justru memancing keingin tahuan banyak orang. Akibatnya jumlah pencarian di search engine (internet) semakin meningkat. Karena search engine menggunakan semacam robot (software) hingga membuat konten ini (facebook) semakin penting di mata search engine dan akibatnya konten (facebook) semakin terindex teratas dalam setiap pencarian.

Robot search engine ini tidak perduli,bahwa facebook ini dilarang atau tidak. Pokoknya dia hanya menganggap facebook itu banyak pencarinya. Dan dia dengan sangat cepat dan setia menyajikan informasi yang dicari diinternet. Hmm..robot yang anehπŸ™‚

Jadi lebih baik memberikan pengertian-pengertian yang positif saja kepada pemakainya,terlebih pemakai yang masih belia.Karena facebook tidak terlepas dari kemajuan pesat teknologi informasi saat ini. Dan teknologi ini sangat dinamis sulit dibendung.

Melihat penyalahgunaan,konten-konten yang dilarang atau yang bersifat sara diinternet, sebetulnya bisa dilakukan pendekatan dengan penyedia layanan ini. Seperti beberapa waktu lalu, saat terjadi peredaran kasus fitnah komik nabi di internet. Alhamdulilah setelah dilakukan pendekatan-pendekatan, akhirnya konten-konten tentang ini dihapuskan (di delete) oleh penyedia blog gratis di internet. Dan Alhamdulillah kita bisa bernafas lega.Back to home page?..

Tag: , , , , ,

7 Tanggapan to “Facebook dalam sorotan.”

  1. kuwukerteg Says:

    salam kenal, mas maaf bisa kasih tahu cara dapetin lagi pasword wordpress yang dicuri orang, terus terang udah 6 bulan pasword blog wordpressku dicuri hacker semprul, bisa minta infonya untuk dapetin kembali paswordku yang dicuri, trims kirim ya ke kerteg_muda@yahoo.com
    —–
    Yap..wah ketahuan nih punya lebih dari satu account di wp ya?..πŸ™‚ adalagi hacker di hackπŸ™‚ main aja di ranah wp.id (disana ntar dikasih tahu ama teman2 , tenang aja masih tetanggaan ama Kertanegara kok)πŸ™‚ atawa langsung aja ke moderatornya, The Sangarz . Tenang aja namanya aja yg sangar tapi orangnya manis kokπŸ™‚ dia teman yg baik.πŸ™‚

  2. erikyanto Says:

    Saya setuju dengan Pendapat anda. Apupun medianya tergantung bagaimana kita memanfaatkannya, untuk hal yang positif atau negatif. Salam

  3. Jafar Soddik Says:

    Lagi-lagi tentang facebook. Hehe.

    Jadi ingat dengan apa yang diungkapkan oleh Ketua PBNU KH. Hasyim Muzadi ketika ditanya tentang facebook. Beliau dengan bijak menjawab bahwa facebook itu alat/sarana dan alat/sarana itu bisa memberikan manfaat atau memberikan mudharat tergantung untuk tujuan apa dia menggunakan. Seperti contoh pisau, bisa bermanfaat dan juga bisa membahayakan kalau digunakan oleh orang yang jahat.

    Jadikan facebook sebagai alat/sarana yang bermanfaat bagi kehidupan ini.

  4. afwan auliyar Says:

    Ehmmm… keknya seru menembak keyword facebookπŸ™‚


    he..he makanya ane gak pernah mau mampir di fc Ente.. keyword n’ pc nya artis..taunya dalamnya EnteπŸ™‚ (Sorry Man becanda) πŸ™‚ thx dah mampir.

  5. Rindu Says:

    saya gak pernah tertarik dengan facebook loh … gak tahu kenapaπŸ™‚

  6. Mas Wiro Says:

    Segala sesuatu pasti ada baiknya, ada jeleknya. Marilah kita manfaatkan yang baik. Hindari yang jelek. Dengan facebook banyak ketemu teman-teman lama, banyak dapat temen baru, bisa iklankan bisnis. Lumayan segi positifnya sangat banyak.

  7. rouftracal Says:

    ingat,,, setiap insan punya opini, dan opini yang segar lah yang keluar dari otak-otak yang punya inspirasi. Salam dariku dan untuk nya.

Komentar ditutup.


%d blogger menyukai ini: