Tahukah Anda…dari kuadran mana Anda memperoleh Penghasilan ?…


The Cashflow Quadran.

by Robert T.Kiyosaki

Hmm…ternyata tanpa kita sadari…ada 4 klasifikasi,Cara atau sumber kita memperoleh Penghasilan.Robert T.Kiyosaki menyebutnya 4 Quadrant.

Photobucket
Quadran kiri (Left Quadrant) yaitu Pola 1,dari kuadran diatas terlihat E (Employee) dan S (Self-Employed) masuk pada pola I.
Sementara Quadran kanan (Right Quadrant),B (Business Owner) dan I (Investor) masuk pada pola II.

Coba kita lihat lebih jauh.. (Sambil melihat dipola mana gerangan Anda berada) hmm..santai Bro..hehe

Left Quadrant(Kuadran Kiri) / Pola I :

E(Employee).Mereka adalah Pegawai/Karyawan (mereka yang bekerja pada orang lain).Yang dimaksud Pegawai disini adalah Karyawan dari tingkatan paling rendah sampai paling tinggi lho..hehe cool Man.

S(Self-Employed).Mereka adalah para pekerja lepas,(mereka selalu ingin menjadi bos bagi diri mereka sendiri).Konsultan,Pengacara,Dokter praktek,Arsitek,Pemilik Toko,Pemilik small-business,dsb masuk dikuadran ini.

Coba kita lihat untung ruginya jika kita berada di Left Quadrant ini:

Photobucket

Gambar diatas terlihat.. (Pola I),Anda bekerja untuk memperoleh Income(Penghasilan),setelah memperoleh income tentunya kita mempunyai impian atau cita-cita.Mungkin mau nikah bagi yang belum nikah…mau beli mobil bagi yang udah punya motor..ups.. bagi yang belum punya mobil maksud Saya.hmm.. coba Anda ingat-ingat apa sih yang menjadi keinginan hidup Anda?..tidak peduli sebesar apapun impian Anda!..

Cara kerja pada Pola I ini,tidak salah,banyak orang menempuh Pola ini,tapi.. beresiko menurut Robert Kiyosaki lho..hehe

Ilustrasinya seperti ini,Anda udah pasti Bekerja (baik Anda sebagai Employe atau sebagai Self-Employed),tetapi tiba-tiba terjadi hal yang tidak diinginkan dalam hidup Anda.Misalnya..kecelakaan..atau dipecat dari tempat Anda bekerja..atau usaha Anda bangkrut(bagi Self-Employed)…atau…singkatnya.. hal-hal tidak seharusnya terjadi,tetapi terjadi pada Anda.Kalau sudah begini bagaimana dengan penghasilan Anda?…apakah Anda masih tetap punya penghasilan?…bagaimana dengan keluarga Anda?..Anak yang Anda cintai?..Istri atau suami yang Anda cintai?..trus bagaimana dengan cita-cita Anda?…atau apakah Anda mau membanting tulang seumur hidup Anda?..bagaimana kalau terjadi krisis ekonomi?..ingat,perekonomian dunia saat ini saling berkaitan,jika terjadi resesi disuatu negara,negara yang lain ikut menerima dampaknya.

Right Quadrant(Kuadran kanan) / Pola II :

B(Business Owner).Mereka adalah pemilik usaha.Mereka mempekerjakan uang,artinya mereka tidak bekerja untuk uang tetapi uang mereka bekerja untuk mereka.Mereka tidak bekerja sekeras Employee apalagi Selft-Employed.Mereka selalu punya waktu luang.Mereka hidup untuk menikmati hidup.

I (Investor).Pekerjaan mereka berinvestasi,mereka tidak punya masalah dengan uang.Mereka selalu berfikir untuk menciptakan lapangan pekerjaan.

Pola kerja,dipola II terlihat seperti ini :

Photobucket

Mereka bekerja untuk Aset(Membangun Aset),sst..membeli rumah,ternyata belum tentu jadi Aset lho…hehe..(Penjelasan lebih detail tentang ini..ada di alat bantu yang direkomendasikan oleh BootCamp Community).

BootCamp Community,mengarahkan kita ke Pola II ini,menitik beratkan ke Kuadran B (Pemilik Usaha),sambil mempersiapkan SDM ke Kuadran I (Investor).

Menurut Robert Kiyosaki,ada 3 Sistem Usaha yang masuk kategori Kuadran B ini :

1.Perusahaan Bersistem.

Perusahaan bersistem ini biasanya bermula dari Perusahaan small business,tetapi karena didukung ke-uletan dan kerja keras pemiliknya dalam waktu yang panjang serta didukung sistem yang baik,akhirnya perusahaan ini menjadi perusahaan raksasa/konglomerasi.Seperti misalnya Lippo Group,Sinar Mas Group,Matahari Tbk,HM Sampoerna,Unilever Tbk,dll..Apakah Anda sanggup mendirikan perusahaan seperti ini?..cool..Man.Kami tidak menyarankan Anda melakukannya..meskipun Anda sanggup melakukannya..

2.Franchising / Waralaba.

Saat ini sistem waralaba ini sudah menjadi tren pasar (Para Pakar Ekonomi meramalkan Sistem ini akan booming di tahun 2010).Seperti kita lihat misalnya yang produk luar McDonalds,KFC,CFC..dan masih banyak lagi.Yang lebih menggembirakan sudah cukup banyak Pengusaha Lokal yang mengadopsi sistem ini,seperti misalnya AlfaMart,IndoMart,bahkan Bakso Malang misalnya.Sistem Pendidikan Bisnis juga udah ada,seperti misalnya Memprogram Pikiran Bawah Sadar dengan pikiran yang mendukung Kesuksesan Oleh Adi.W.Gunawan(Partner Kerja BootCamp Community),dan masih banyak lagi..Usaha Waralaba ini punya sistem yang baik,dan siapa saja bisa membeli Lisensinya,tetapi juga dengan modal yang tidak sedikit,selain pengetahuan dan skill yang memadai.

3.Network Marketing / Personal Franchise (Waralaba Pribadi).

Sistem ini di Indonesia belum banyak dikenal,meski sebetulnya sudah sangat digandrungi di Negara-negara maju.Robert Kiyosaki menyarankan Sistem ini (Dalam Bukunya :Rich Dad’s The Business School For People Who Like Helping People).Alasan Robert Kiyosaki antara lain,Modalnya Relatif Kecil (hasilnya tidak kalah dibanding dengan Sistem 1 dan 2),trus kemudian Rancangan Pendidikannya.

Seseorang yang telah berhasil membangun Asetnya..tidak perlu takut lagi kehilangan pekerjaan,karena Asetnya akan mendatangkan Penghasilan baginya secara terus-menerus(royality),tidak peduli Dia ikut bekerja atau tidak.

BootCamp Community mengarahkan Komunitasnya ke 3 Dimensi Kehidupan,yang bisa diraih oleh Siapa Saja yang mau ambil bagian didalamnya.

Apa sajakah 3 dimensi kehidupan itu?…(seperti yang dikutip dari Buku BootCamp Series #01) dibawah ini:

1.Kebebasan Finansial.

Hal-hal apakah yang ingin Anda lakukan bila uang bukan lagi menjadi masalah?..bagaimana dengan Membangun rumah.Memberi pendidikan yang terbaik buat putra/putri Anda?..membeli kendaraan pribadi?..pergi ketanah Suci?..memberi sumbangan/membangun panti asuhan?..traveling keliling dunia?..shopping?..mengajak orang yang Anda cintai ke tempat-tempat yang ingin Anda kunjungi?..membiayai sekolah sendiri?..atau..dsb.

2.Kebebasan Waktu.

Hal-hal apa yang ingin Anda lakukan apabila Waktu bukan lagi menjadi masalah?..Memiliki pilihan setiap harinya untuk melakukan hal-hal yang Anda sukai?..tidak terikat oleh pekerjaan di kantor?..mengantarkan putra/putri Anda kesekolah?..jalan-jalan sekeluarga disaat orang lain harus pergi ketempat kerja?..mengunjungi keluarga/orang-orang yang Anda cintai kapanpun ingin mengunjungi?..merasakan sebagai orang bebas yang tidak harus bekerja untuk siapapun dan tidak terikat oleh siapapun?..dsb.

3.Kebebasan Spiritual.

Ketika Anda sukses di kuadran B(Business Owner) seperti sasaran BootCamp Community.Anda juga akan mendapat penghargaan.Anda bisa mengaktualisasikan diri Anda,menjadi seseorang seperti yang Anda inginkan.Anda menjadi Pahlawan dan saluran berkah bagi orang lain.Anda bisa menjadi pembicara di seminar-seminar sukses untuk menceritakan pengalaman Anda dalam membangun bisnis Anda.Anda bisa mengunjungi tempat-tempat Suci atau membangun tempat Ibadah.Anda bisa menjadi seseorang yang Anda inginkan untuk menjadi.

Ok..dalam tulisan berikutnya,kami menggambarkan Konsep Kerjasama Anda dengan BootCamp Community serta Mitra Bisnis Kita.Apabila Anda mau share dengan kami,Anda bisa mengirim email via email kami louhan2006-iklan@yahoo.co.id (Farid Hs).

Back to Home..

BootCamp Cammunity,Bandung 04 Februari 2008.

9 Tanggapan to “Tahukah Anda…dari kuadran mana Anda memperoleh Penghasilan ?…”

  1. Ris Andy Says:

    i like it very2 much bro,,ty

  2. 2579758 Says:

    2579758 beers on the wall. sck was here

  3. london digital agencies Says:

    Magnificent goods from you, man. I have understand your stuff previous to and you are just too wonderful. I actually like what you’ve acquired here, certainly like what you are saying and the way in which you say it. You make it entertaining and you still care for to keep it smart. I can not wait to read far more from you. This is really a great website.

  4. beach vacations Says:

    Thank you for sharing excellent informations. Your web-site is very cool. I’m impressed by the details that you’ve on this web site. It reveals how nicely you perceive this subject. Bookmarked this website page, will come back for more articles. You, my friend, ROCK! I found simply the info I already searched all over the place and just could not come across. What a great web site.

  5. Andria Lehtonen Says:

    Thank you for the auspicious writeup. It in fact was a amusement account it. Look advanced to far added agreeable from you! By the way, how could we communicate?

  6. minecraft skins Says:

    Fantastic goods from you, man. Tahukah Anda…dari kuadran mana Anda memperoleh Penghasilan ?… BootCamp Community. I have understand your stuff previous to and you’re just extremely wonderful. I actually like what you’ve acquired here, certainly like what you are saying and the way in which you say it. You make it enjoyable and you still take care of to keep it wise. I can not wait to read far more from you. This is actually a wonderful Tahukah Anda…dari kuadran mana Anda memperoleh Penghasilan ?… BootCamp Community. informations.

  7. tas maika etnik Says:

    wah.. aku masih di kuadran kiri… belom bisa bebas finansial…😦

  8. piethacantique@gmail.com Says:

    kanannnnnn

  9. aan Says:

    sy masih sebagai s, tapi tahun ini program sy beralih ke b … semoga bisa terlaksana… amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: