Proses Demokrasi Yang Semakin Positif.


demokrasi-pancasilaMengutip statement Menteri Luar Negeri Amerika Hillary Clinton saat Beliau berkunjung ke Jakarta belum lama ini, “Negara yang dipimpin oleh Pemimpin yang demokratis akan melahirkan partisipasi positif masyarakat dalam ikut membangun Negaranya”. Statemen Mrs Hillary Clinton ini tentu saja bukan sekedar isapan jempol, dengan melihat perkembangan demokrasi yang makin baik di Negara kita saat ini. Ini menunjukan perhatian besar pemerintahan Presiden Barack Obama kepada negara kita.

Perkembangan pesat demokrasi di negara kita, yang nota bene negara berpenduduk Muslim terbesar di Dunia ini, telah mengubah paradigma Dunia khususnya Rakyat Amerika kepada Islam dan Indonesia. Islam bukan ancaman bagi demokrasi seperti yang selalu didengungkan selama ini, Indonesia sebagai negara berpenduduk Islam terbesar Dunia bukan sarang teroris, Indonesia bukan negara yang berdasarkan agama tetapi Indonesia adalah negara yang beragama, dimana teroris adalah hal yang sangat dilarang oleh agama apapun. Islam dan Indonesia adalah satu kesatuan yang aman bagi siapapun, dengan didasarkan dengan toleransi dan sikap saling menghargai.

Indonesia telah menunjukan kepada Dunia tentang konsep demorasi yang baik, dan telah menjadi inspirasi Rakyat Amerika, hingga disadari atau tidak Indonesia telah membantu Rakyat Amerika dalam memilih Pemimpin yang baik, yang bukan hanya Pemimpin  bagi Amerika tetapi juga Pemimpin Dunia Internasional dalam hal penyelamatan Bumi dari ancaman Pemanasan Global yang semakin menghawatirkan dewasa ini. Seperti kita ketahui, Presiden Barack Obama yang mempunyai hubungan emosional dengan Islam dan Indonesia, ini menjadi alasan penting bagi dunia Islam dan bagi Indonesia untuk ikut berperan aktif dalam perdamaian Dunia. Presiden Barack Obama menjadi semacam penghubung (tokoh sentral) bagi dunia Islam, Kristen dan Yahudi. Tampilnya Presiden Barack Obama adalah menjadi perlambang perubahan politik dunia kearah yang lebih baik. Oleh sebab itu kecurigaan yang berlebihan terhadap Presiden Barack Obama hendaknya mulai kita singkirkan, Beliau aman bagi agama apapun di bumi ini, Beliau menjadi simbol PERDAMAIAN DUNIA. Hubungan yang sudah terjalin baik ini harusnya dijaga dan dilanjutkan dengan kerja sama yang baik pula.

Sebagai bangsa yang mandiri, yang mempunyai kedaulatan yang mutlak, tidak serta merta kita membatasi diri dengan pergaulan dunia. Seperti kita ketahui negara kita yang terdiri dari ribuan pulau ini, masih mempunyai banyak kendala terutama dalam pengawasan laut kontinental kita. Laut kita saat ini masih sangat rawan dengan ilegal fishing, rawan penyelundupan hasil hutan dan sebagainya, ini semua tidak bisa hanya diserahkan kepada kekuatan sipil saja, kita memerlukan militer yang tangguh dan peralatan militer yang canggih dalam hal pengawasan teritori kita yang luas ini. Dalam proses perdamaian dunia,tidak menutup kemungkinan adanya tangan-tangan besar(tangan-tangan tidak terlihat) yang ikut bermain, yang justru tidak menyukai perdamaian Dunia terjadi. Ini menjadi alasan penting untuk memperkuat militer kita, disisi lain kita harus selalu menjaga hubungan baik dengan negara lain, agar terjadi saling pengertian antar sesama bangsa, terutama dengan negara-negara tetangga kita.

Terkait dengan proses pemilu yang semakin dekat dewasa ini, semoga kita tidak terjebak dengan kepentingan yang sempit, bagaimanapun proses demokrasi ini harus diselesaikan dengan hasil yang memuaskan bagi kepentingan Rakyat,Bangsa dan Negara.
Seperti ungkapan Presiden Susilo Bambang Yudoyono belum lama ini “menjadi pemimpin adalah sebagai salah satu sarana ibadah dalam melanjutkan amanah founding father bangsa kita untuk generasi berikutnya”. Ungkapan Tokoh yang demokratis ini, memancing kegairahan politik yang baik bagi segenap anak bangsa, sepanjang kompetisi dilakukan dengan metode-metode yang benar. Masih menurut Presiden, asal dilakukan dengan menggunakan “jurus putih” ini justru baik dalam proses demokrasi.

Menyoroti pendeklarasian Tokoh budayawan Mr Deddy Mizwar dan Mr Saurip Kadi sebagai Capres dan Cawapres yang siap ikut berkompetisi dalam pemilu 2009, area politik kita menjadi semakin menarik. Meski kedua tokoh ini belum menyampaikan visi dan misinya, tetapi langkah keduanya terbilang berani mengingat saat ini belum ada pasangan lain yang memproklamirkan diri sebagai Capres dan Cawapres. Langkah ini positif untuk pembelajaran demokrasi. Dan ini mengingatkan tokoh-tokoh yang lain bahwa bangsa ini sangat merindukan pemimpin-pemimpin yang baik, yang selalu berpihak kepada rakyat.

Persoalan menang atau kalah dalam pemilu nanti, menjadi persoalan lain. Yang terpenting adalah proses demokrasi itu sendiri, karena pemilu kita kali ini menjadi sorotan dunia. Hasil kerja keras kita bersama dalam menentukan dan mengawal proses demokrasi kita yang sudah baik sejauh ini, masih harus di uji dalam pemilu nanti. Saat ini kearifan dan sikap profesional para elit politik kita semakin dituntut, karena arah demokrasi kita yang sudah benar ini jangan sampai tercoreng dimata dunia. Pemilu 2009 ini akan menjadi moment bersejarah dalam Kebangkitan ke-2 Bangsa kita (Satu Abad Kebangkitan Nasional), dan kita semua tentu tidak mau tercatat sebagai pelaku sejarah yang buruk dalam catatan sejarah generasi kita berikutnya. Semoga bisa diambil hikmahnya.Wallahu’alam bisyawab..

hal atas blog ini >>

@ Proses Demokrasi Yang Semakin Positif.

7 Tanggapan to “Proses Demokrasi Yang Semakin Positif.”

  1. adhiwirawan Says:

    Kalau kata pak Amien Rais, kita sudah berada pada track yang benar. Tapi seperti biasa dalam politik tidak ada sesuatu yang absolut. Beberapa kelompok dan partai ada yang rindu masa satus quo era sebelum 9 – 10 tahun lalu🙂.
    IMHO, itulah esensi demokrasi, siapun berhak berbicara dan memilih sikapnya. Asal tidak merusak tatanan demokrasi itu sendiri.
    Salam kenal dari Kota depok🙂
    —-
    wah..pencerahan lagi nih..🙂 makasih Pak Adhi,Salam kenal juga.

  2. cape cod islands escorts Says:

    Just wanna tell that this is invaluable , Thanks for taking your time to write this.

  3. longer sex Says:

    TY for blogging this, it was quite handy and helped plenty Great theme, did you cause it to on your own? Looks superb! Facinating post to evaluate this awesome blog. Never write any replies however right now i simply would not resist ..

  4. cms webdesigner berlin Says:

    Spot on with this write-up, I truly suppose this web site wants far more consideration. I’ll probably be once more to read much more, thanks for that info.

  5. Abel Says:

    At the moment I stumbled upon the web for exactly this type of information. Thank to your post that seek has got to ending at this time. You had written the posting in a really comprehensible way. With that, I added your websites as one of my favorites! All the best!

  6. Adwords Optimieren Says:

    I used to be more than happy to find this web-site.I needed to thanks to your time for this wonderful learn!! I undoubtedly enjoying each little bit of it and I’ve you bookmarked to take a look at new stuff you weblog post.

  7. minecraft skins Says:

    I got what you destine, thanks for swing up. Woh I am gladsome to see this website through google. Thanks For Share Proses Demokrasi Yang Semakin Positif. BootCamp Community..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: