Posts Tagged ‘Serba-serbi’

Waspadai Pergerakan NII.

April 21, 2011

Waspadai NII.

Islam adalah agama yang menggunakan pemahaman akal (rasio), itulah sebabnya (wallahu’alam) Iqra menjadi ayat yang pertama kali diturunkan Allah, Iqra yang berarti “bacalah”.

Bacalah yang bermakna filosofis, pelajari, teliti, dipahami, dimengerti dsb.. Islam bukan dogma, “bacalah” berarti juga penekanan penggunaan akal pikiran jadi bukan menggunakan “rasa” atau “selera”.

Itulah sebabnya dalam penelitian Prof Dr Maurice Buchaille dari Perancis, beliau mendapat kesimpulan bahwa Islam dan sains tidak bisa dipisahkan. Banyak hal-hal yang tidak bisa dipecahkan oleh sains (ilmu pengetahuan), tetapi jawabannya bisa ditemukan dalam Al-Qur’an. Beberapa contoh diantaranya adalah penelitian beliau tentang “Pertemuan antara air laut  asin dan air tawar di laut merah” terus penelitian (pembedahan) mummi Fir’aun. Prof Dr Maurice Buchaille mendapati kesimpulan bahwa Al-Qur’an sangat bersinergi dengan ilmu pengetahuan.

Nah bagaimana hubungannya dengan NII?..menurut saya (melalui penelusuran teman-teman wartawan) bahwa NII ini sangat tidak masuk akal. Jadi sangat tidak Islami, mereka menggunakan dogma tanpa memberi ruang berpikir. Mereka hanya mampu mempengaruhi orang-orang yang jiwanya sedang labil. NII itu tak lebih hanya untuk kepentingan ‘duit’ para petingginya, jadi jelas mereka sudah keluar dari Islam. Untuk itu berhati-hatilah kita semua terutama “para blogger” belakangan mereka di ketahui menggunakan metode hipnotis, untuk mempengaruhi calon mangsanya, dan mereka melek internet bahkan bisa jadi mereka ada disekitar kita, sebagai blogger. Mereka jago menggunakan dalil-dalil Al-Qur’an, padahal di internet sudah merebak software Al-Qur’an online yang bisa di down load oleh siapa saja.Ketika bicara software komputer tentu saja siapapun bisa melakukannya, yang perlu diketahui kan hanya keywordnya jadi apapun informasi yang di cari pasti jawabannya akan ditemukan dengan cepat.Jadi di internet kita jangan cepat terkesima dengan kehebatan seseorang dengan penggunaan dalil-dalil Al-Qur’an, karena bisa jadi dibantu oleh penggunaan software Al-Qur’an itu tadi.

Saat ini pergerakan NII sangat menghawatirkan dan pergerakan perekrutannya bertambah cepat melalui jejaring sosial, karena itu kita semua harus waspada. NII bisa dikategorikan sebagai teroris, karena dia hanya berusaha membuat keresahan, harusnya yang memerangi ini menjadi tanggung jawab Negara, tetapi para pembesar kita justru hanya sibuk dengan pencitraan. Jadi yah.. kita harus menumbuhkan kesadaran kita sendiri, mulai dari diri saya dan Anda tentu saja. Karena sebagai masyarakat di Negeri ini kita tidak bisa mengandalkan siapa-siapa lagi, kita harus membenahi diri kita sendiri, Negara terlihat seperti membelakangi kita.Padahal ini justru menjadi lahan subur bagi pergerakan paham-paham seperti NII ini. Sebagai masyarakat mari kita berlindung kepada Allah, dan biasakanlah berzikir (minimal) Allah..Allah..Allah,agar pikiran kita tidak kosong,hindari pengkultusan individu, jika menemukan orang yang selalu mengkultuskan orang lain, ini menjadi salah satu indikasi syirik, sebab itu berarti percaya kepada selain Allah. Dan semoga Allah selalu memberikan cahaya kebenaran hakiki dibalik kebenaran-kebenaran instant disekeliling kita. Amin.. mari kita lawan NII secara bersama-sama. ==>

Iklan

Ahmadiyah dari paradigma Bang Buyung.

Maret 10, 2011

Adnan Buyung Nasution.

Dari pernyataan Pak Adnan Buyung Nasution, tentang Ahmadiyah seperti yang saya kutip dari primaironline.com. (Mohon maaf, artikel yang saya maksud sudah hilang dari site tsb, untuk itu linknya saya ganti dengan linknya Tempo, agar supaya webmaster primairon tetap profesional, kalau faktanya bisa dipertanggung jawabkan jangan takut dengan tekanan dari pihak manapun ).

Menurut Pak Adnan bahwa pelarangan Ahmadiyah melanggar konstitusi serta hak asasi manusia. Pasalnya, konstitusi telah menjamin kebebasan bagi warga negara dalam beragama dan berkeyakinan sesuai kepercayaan masing-masing.

Saya hanya menyoroti paragraf pertama dalam artikel tersebut.Sebab merurut saya dari sinilah pangkal perbedaan pendapat tentang Ahmadiyah jika dilihat dari sisi konstitusi dan hak azasi manusia. Dan saya tidak sedang dalam posisi berdebat dengan Pak Adnan Buyung Nasution, tetapi hanya berusaha mencari kesamaan persepsi.

“Konstitusi menjamin kebebasan bagi warga negara dalam beragama dan berkeyakinan sesuai kepercayaan masing-masing”.

Ahmadiyah jika dilihat dari sisi penganut Ahmadiyah sendiri bahwa mereka tidak bisa dipisakan dari Islam, sebab menurut mereka bahwa mereka berpedoman pada Al-Qura’an dan Sunnah Rasulullulah S.A.W.Artinya posisi mereka berada dalam agama Islam, dan ini merupakan “keyakinan”,dalam hal ini keyakinan Ahmadiyah.

Nah sementara dari sisi Islam sendiri, seperti kita ketahui yang sudah dikemukakan oleh para Ulama, bahwa Ahmadiyah melanggar keyakinan dasar tentang Islam,dalam hal ini dua kalimat syahadat, sebab mereka menganggap Mirza Gulam Ahmad sebagai nabi mereka, meski mereka belakangan membantah akan hal ini, tetapi fakta dan data-data dilapangan menunjukan bahwa memang mereka mengakui Mirza Gulam Ahmad sebagai nabi mereka.Jika dilihat dari sisi “kepercayaan” tentu saja tidak ada yang melarang mereka,sebab itu keyakinan atau kepercayaan mereka, dan itu harus kita hargai.

Persoalannya kemudian datang dari kalangan Islam, bahwa Ahmadiyah sudah melanggar atau menodai akidah Islam.Artinya ada pihak lain yang terganggu dengan keberadaan Ahmadiyah ini.Dan tentu saja pihak yang terganggu ini juga berhak menuntut bahwa agama atau hak azasi mereka terganggu.Dan ini juga di hargai sesuai konstitusi, bahwa ini sudah melanggar hak azasi kepercayaan tertentu, dalam hal ini “kepercayaan” Islam.

Nah melihat analogi diatas pertanyaannya sekarang adalah, pihak manakah yang melanggar konstitusi? apakah mereka yang mendukung Ahmadiyah atau mereka yang melarang Ahmadiyah?..hmm semoga bang Buyung bisa menjelaskan ini secara lebih gamblang 🙂

Intinya adalah konstitusi dibangun untuk menjamin agar “kebangsaan” didalamnya berjalan baik, teratur, tidak bersinggungan, saling menghargai dalam perbedaan. Agar kebinekaan kita bisa terjaga dan lestari, hingga kemakmuran Bangsa bisa tercapai. Jadi kalau begitu menurut konstitusi 🙂 bahwa “bangsa” adalah ruang (space) suatu kehidupan berkelompok (dalam kebhinekaan) dalam wilayah tertentu. Artinya “bangsa” bukan berarti “penyatuan kehendak” (seperti) ide yang mengilhami dalam pembentukan koalisi 🙂 Nah loh jangan-jangan koalisi yang justru bertentangan dengan konstitusi 😀 (mohon maaf).

Jadi menurut saya Ahmadiyah justru sudah menggangu esensi kebhinekaan,yang dalam hal ini justru yang menjadi alasan dalam pembentukan konstitusi,karena posisi Ahmadiyah tidak jelas. Di satu sisi Ahmadiyah mengaku bagian dari Islam sementara di sisi lain Islam sendiri merasa terganggu.Nah saya pengin tahu pendapat bang Buyung tentang ini.. 🙂  =>

Bicara Bola ala Mang Thilun.

Oktober 9, 2010

 

Setuju-one, Congrat! Bro.

 

Dari pada bicara PSSI mendingan bicara bola aja dari kaca mata mang Thilun 🙂 lebih nyaman jadinya.Nah udah di tambahin huruf “h” tuh,biar nama mang Thilun tambah macho 😀  (amit/punten, mang).

“Menurut analisa saya,preeet!..” hust!.. nyepretin gasnya gak usah kuenceng-kuenceng mang.
Ketua PSSI ama Pak Menteri Olahraga, “lengser keprabon aja”…
Ngomongin PSSI mah, membuat saya jadi “melimpir minggir” kalo kata teman saya 🙂

“Menurut analisa saya, preeet!..” dari pada ngomongin orang, berdosa kata guru ngaji saya 🙂 jadi mendingan “nge-rumpiin” Pak E.E.Mangindaan aja 🙂 Dulu,sewaktu Pak Mangindaan menjabat Dan Lantamal V Jayapura.Disamping komandan,beliau menyalurkan hobi,menjadi arsiteknya Persipura Jayapura,dan hasilnya Persipura melejit kuencang di tanah Jawa.

Episode berikutnya,beliau menjadi Gubernur di Sulawesi Utara. Dan lagi-lagi tangan dingin beliau,membuat Persma Manado menjulang setidaknya di tanahnya Mang Thilun 🙂 Frangky Rotinsulu,Ely Eliboy,Boas Salosa cs gak berani mabok tuh kalau dengan beliau,disuruh merayap dan nyemplung dua,tiga jam di kolam renang tuh kalo mabok 🙂 setidaknya beliau mengerti bagaimana menghadapi anak-anak asuhnya yang tukang mabok.. (more…)

Takut Gempa? ini dia nih Solusi Rumahnya.

April 19, 2010

“Keindahan hanyalah permainan paradigma,lihatlah keindahan dengan mata hati yang indah,tidak perduli dari sudut mana Anda melihat,semuanya akan terlihat indah,walau itu hanya seonggok tanah sekalipun,akan menjadi indah.Sesungguhnya keindahan hakiki adalah kejujuran dan keikhlasan untuk mengakui bawa DIA hanya membuat kita dari tanah kemudian menjadi indah,setelah itu menjadi tidak indah lagi dan akhirnya kembali ke tanah .Maka buatlah namamu dikenang indah karena doa akan mengalir hanya dari namamu yang indah” by Farid Hs.



Selengkapnya disini..

The most successful of all Prophets and religious personalities.

November 13, 2009

George_bernard_shaw

George Bernard Shaw. Sumber gambar.wikipedia.org

Judul diatas adalah julukan yang diungkapkan secara tulus oleh para cendekiawan non-Muslim,kepada Rasulullah S.A.W sepanjang penelitian mereka terhadap Beliau.

“The most successful of all Prophets and religious personalities” Seorang Nabi yang paling berhasil dengan gemilang di antara seluruh Nabi-Nabi dan tokoh-tokoh keagamaan.

G.Bernard Shaw, pengarang Inggris(Irlandia) mengungkapkan isi hatinya:
” Saya menjunjung tinggi agama yang dibawa Nabi Muhammad,karena gaya hidupnya yang menakjubkan.Inilah satu-satunya yang nampak bagi saya,agama yang memiliki kesanggupan-kesanggupan yang sesuai dengan fase-fase perubahan suasana yang dapat tampil pada setiap zaman.

Saya telah mempelajari dia (Nabi Muhammad),laki-laki yang menakjubkan ini.Dalam pandangan saya,dia jauh sama sekali dari musuh Yesus,tetapi harus dinamakan Juru Selamat umat manusia yang terbesar.Saya percaya jika orang seperti dia memimpin dunia modern ini sebagai Penguasa, dia pasti akan berhasil menyelesaikan masalah-masalahnya dalam cara yang akan membawa kedamaian dan kebahagiaan yang sangat diharapkan itu.”

Ernast Renan, guru besar kebudayaan Arab dan Islam di Universitas Sorbonne,Paris :
“Menurut keyakinan saya,bahwa tidak ada jalan kearah kemenangan bagi umat Islam dewasa ini,kecuali dengan mengikuti jalan yang pernah ditempuh oleh Nabi Muhammad S.A.W dengan para sahabatnya.” (Hasan Al-Banna,Ad-Da’wah wad Da’iyah,hal 165).

Ya Tuhan! Siapakah gerangan yang tidak akan bangga menjadi umat pengikut Nabi teladan yang besar itu?..

Berikut diantaranya point-point yang menonjol pada diri Nabi Muhammad S.A.W,menurut K.H.Firdaus A.N :

# Seorang yang disegani oleh lawan,di hormati oleh kawan dan dicintai oleh semua makhluk yang mendekatkan dirinya kepada
Tuhan,selaku hamba Ilahi yang paling taqwa.
# Seorang pejuang cita-cita yang berani,tak pernah menyerah,tetapi berhati tawadhu,rendah hati,mulia dan tabah.
# Seorang Pemimpin,ahli strategi dan taktik yang dapat memenangkan perjuangan di segenap medan juang,walaupun ia sendiri
luka-luka berdarah dan giginya patah kena panah.
# Seorang Pemimpin yang hidup sederhana dan Kepala Negara yang tak kenal istana,yang tidur cukup di rumah gubuk di samping Masjid.

# Seorang imam yang saleh dan taat,rajin serta setia mengimami Jama’ah sampai detik hayatnya yang terakhir.
# Seorang suami,kepala keluarga yang senyum dan ramah kepada semua keluarga, isteri dan anak.
# Seorang Bapak masyarakat yang santun dan suka mendengarkan keluhan fakir-miskin.
# Seorang teman pergaulan yang berhati emas,lautan budi dan berfaham tinggi,berperasaan dalam.
# Seorang guru yang ikhlas dan bertanggung jawab membina dan mendidik muridnya tentang ilmu, karakter dan akhlak.
# Seorang penegak hukum yang adil tanpa pandang bulu walaupun terhadap anak kandungnya sendiri.

# Seorang politisi dan negarawan yang jujur dan cakap serta berpandangan jauh kedepan,yang telah berhasil mengubah wajah
masyarakat jahiliah menjadi Islam dalam waktu yang relatif singkat,23 tahun. Suatu perjuangan raksasa dengan pembangunan
yang efektif disegala bidang kehidupan manusia, apa yang belum pernah dikenal sejarah sebelumnya.
# Seorang tokoh yang menonjol diantara para tokoh Nabi-Nabi yang memiliki kepribadian dan karakter yang agung dan teguh,yang
tidak pernah bergeser dari garis prinsip walaupun sebesar rambut dibelah tujuh.
# Seorang Da’i,Mubaligh dan Khatib yang tak gentar menyerukan amar-makruf dan nahi-mungkar, walaupun singa-singa dan
harimau-harimau mengaum dijalanan sebagai lawan yang membelintang. Dan yang tidak bosan-bosannya menggembleng umat melalui mimbar Jum’at supaya berjihad menentang kebathilan serta memanggil manusia ke jalan Tuhan,menghayati kehidupan beragama yang suci murni.

# Seorang mujahid,pahlawan pejuang yang ulet dan gigih yang berani berkata jantan kepada lawannya, kaum Quraisy yang sedang
berkuasa, “Sekiranya mereka meletakkan matahari di sebelah kananku dan rembulan disebelah kiriku agar supaya aku berhenti
berjuang memperjuangkan cita-cita suci, niscaya aku tidak akan meninggalkan tugas ini sampai aku menang atau mati.”
# Seorang yang amat mulia disisi Tuhannya, yang namanya paling banyak disebut berdampingan dengan nama Tuhan,dibaca berpuluh kali setiap siang dan malam oleh setiap hamba Allah dalam shalatnya,yang diteriakkan oleh Muadzin diseluruh dunia di puncak menara-menara Masjid.
# Seorang Rasul penunjuk jalan yang selalu memberikan hiburan dan peringatan kepada umatnya dengan sabdanya: “Semua umatku
akan masuk surga,kecuali orang yang enggan.”
“Siapakah gerangan orang yang enggan itu?”, tanya sahabat.
“Barang siapa yang ta’at kepadaku akan masuk Surga dan barang siapa yang durhaka, maka berarti ia telah enggan” jawab Beliau.
# Seorang juru pemersatu yang senantiasa mengamanatkan persatuan dan kesatuan yang murni dalam berbagai Da’wahnya,yang
bernafaskan penggemblengan mental dan spiritual,sebagai prasyarat untuk mencapai kemenangan cita-cita.
# Seorang taktikus,pendekar-pejuang yang ulung, yang berjuang dengan gesit dan lincah di depan mulut-mulut singa dan
harimau, tetapi tak pernah tertangkap dan diterkam, karena Beliau lebih gesit dan mahir dari singa dan harimau itu sendiri.
# Seorang Utusan Tuhan yang diberi julukan secara tulus oleh para cendekiawan non-Muslim dengan kata-kata: “The most
successful of all Prophets and religious  personalities.”

Goethe, seorang penyair besar Jerman, ketika Beliau mengemukakan pendapat Beliau mengenai Rasulullah S.A.W, Beliau
menegaskan: “Jika demikian Islam itu,maka kita semua berada di dalamnya!”.

Ya Tuhan ! Berilah selawat dan salam pada Beliau, sebanyak namanya disebut oleh penduduk bumi, jin maupun manusia,ataupun
yang tertulis di atas kertas, dan sebanyak nama Beliau disebut-sebut oleh penduduk langit,para malaikat yang suci sampai hari Kiamat.
Ya Tuhan ! Berikanlah dan limpahkanlah kepada kami hidayah dan taufikMU agar kami dapat bangkit menghayati dan menjalankan
Sunnah Nabi kami dalam kehidupan masyarakat dan negara kami yang sedang berada dalam era pembangunan ini untuk dapat
menuntun dan menyeru umat manusia supaya menempuh jalan lurus yang menuju kebahagiaan dunia dan Surga di Akhirat. Amien ! Ya Rabbal Allamin.

“Sesungguhnya Rasulullah itu { Muhammad } bagimu
adalah ikutan yang baik!” {Al-Qur’an,Al-Ahzab:21}.

Sumber/Penulis: K.H.Firdaus A.N.

Note:
G.Bernard Shaw, (lahir Dublin, 26 Juli 1856 – meninggal 2 November 1950 di Hertfordshire) adalah novelis, kritikus, esaias,
politikus, dan orator Irlandia yang menetap di Inggris.Sumber: Wikipedia.org

Ernest Renan (28 Februari 1823 – 12 Oktober 1892) asal Perancis, filsuf dan penulis.Sumber: wikipedia.org

Goethe (1749-1832) Penyair Jerman.     ==>>